gonaku


KESEMBUHAN DARI SEEKOR LEBAH “MADU”
September 23, 2010, 4:10 am
Filed under: Uncategorized

IPTEK

Oleh: A. Syarif S.

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya tedapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

(QS. An Nahl: 69)

Madu merupakan produk cairan yang dihasilkan oleh hewan sejenis serangga, yaitu lebah. Manfaatnya sangat banyak, terutama dalam bidang pengobatan. Tidak hanya itu, lebah merupakan salah satu hewan yang dimuliakan Allah, tidak hanya tertera dalam ayatullah saja, tetapi juga diangkat menjadi salah satu nama surat Al-Qur’an, yaitu An Nahl yang berarti lebah.

Madu mempunyai kandungan kimiawi yang tinggi. Diantaranya adalah air, glukosa, fruktosa, sukrosa, asam amino (pembentuk protein), asam lemak yang membantu proses penyerapan vitamin  di dalam usus, dan beberapa zat mineral seperti kalsium, fosfor, sodium, zat besi, mangan dan tembaga. Sebagaimana diketahui, zat mineral, kalsium dan fosfor dapat membantu proses pembentukan tulang dan gigi. Sedangkan sodium membantu kinerja sel-sel syaraf dan otot. Adapun zat besi memiliki peran penting dalam pembentukan hemoglobin dalam darah yang apabila seseorang kekurangan zat tersebut akan menyebabkannya menderita anemia (kurang darah).

Selain itu, madu juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C dan konsentrat vitamin B. Zat-zat vitamin ini berguna dalam proses produksi protein, hormon dan pembentukan selaput bagian sel darah, serta sebgai pelindung tubuh dari berbagai jenis penyakit.

Dalam hadits yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim diceritakan bahwa pada suatu ketika datanglah seorang laki-laki yang menghadap Rasulullah berkata, “Saudaraku mengeluhkan sakit pada perutnya.” Raulullah bersabda, “Minumkanlah padanya madu.” Laki-laki tersebut lalu pergi dan kembali lagi, ia berkata, “Aku meminumkannya madu, namun tidak ada perubahan apa-apa.” Laki-laki itu mengadu pada Rasulullah sampai beberapa kali hingga Rasulullah bersabda, “Allah pasti benar, yang berdusata adalah perut saudaramu. Pergilah dan minumkanlah madu kepadanya,” kemudian laki-laki itu pergi dan meminumkan madu kepada saudaranya sehingga sembuhlah saudanya itu.

Dari hadits tersebut, tampak bahwa Rasulullah dengan penuh keyakinannya pada apa yang difirmankan Allah dalam Al Qur’an mampu menyembuhkan penyakit yang diderita oleh seseorang.

Dengan adanya dalil naqli diatas, baik Al Qur’an maupun Al Hadit, maka tidak diragukan lagi bahwa madu merupakan sarana penyembuhan yang paling baik diantara yang lainnya.

Imam Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari Ibnu Abbas yang berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Kesembuhan terdapat dalam tiga hal: 1) minum madu, 2) berbekam, dan 3) menggosok bagian tubuh yang sakit dengan besi yang dipanaskan dengan api, tetapi aku melarang umatku untuk melakukan penyembuhan dengan penggosokan menggunakan besi panas.”

Begitu banyak manfaat madu bagi penyembuhan, diantaranya bermanfaat untuk membunuh bakteri dan jamur, menyembuhkan radang lambung dan usus pencernaan, menyembuhkan luka, asma, radang hidung, penyakit mulut dan gigi, penyakit kulit, mata, diare kronis, radang sendi, membunuh sel kanker, mengobati anemia, meningkatkan kondisi mental, dan masih banyak manfaat-manfaat yang lain.

Inilah salah satu anugrah Allah yang diciptakan untuk memudahkan segala urusan manusia. Maka perlu kita sadari, dengan tanda-tanda kebesaran allah yang dimiliki oleh seekor binatang kecil skelas lebah, kita harus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita supaya kita nantinya benar-benar disediakan Allah tempat yang mulia, yaitu surga.***tue, 7-9-10


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: