gonaku


MEMBUKA CAKRAWALA DUNIA PERINTAH ALLAH LEWAT MEMBACA
September 23, 2010, 4:11 am
Filed under: Uncategorized

IMTAQ

Oleh: A. Syarif S.

“Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan. Yang menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah! Dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia. Yang mengajarkan (manuia) dengan perantaraan kalam. Yang mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.”

(QS. Al Alaq: 1-5)

“Membaca adalah jendela dunia.” Begitulah kata pepatah. Dengan membaca, pengetahuan kita akan semakin bertambah. Entah itu bersumber dari membaca Al Qur’an sebagai kitabullah, Hadits, buku pelajaran, majalah, surat kabar, atau bahkan membaca situasi dan keadaan di lingkungan sekitar.

Betapa pentingnya membaca, sehingga Allah menurunkan wahyu pertama kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril yang berkenaan dengan membaca, iqro`(bacalah). Kata iqro` yang berasal dari fiil amar ini merupakan sebuah perintah yang menjadi kewajiban kita untuk melakukannya.

Membaca adalah kegiatan awal dalam proses pembelajaran. Membaca juga dapat diartikan sebagai sebuah proses input of knowledge. Ketika membaca, pikiran kita menerima pengetahuan yang kemudian masuk dalam memori otak kita sehingga terjadilah proses berpikir. Pikiran manusia jika diolah dan diasah secara kontinyu dengan materi yang positif akan menjadi cerdas dan berintelejen tinggi. Lihat daja guru bangsa kita, almarhum Gus Dur. Semasa belia, beliau memperkaya pengetahuan dengan membaca sehingga wajar mata beliau terganggu saking terlalu sering membaca. Walaupun demikian, beliau sukses menjadi presiden Indonesia dan dikenal sebagai sosok yang berintelejen tinggi serta disegani semua kalangan.

Itulah salah satu bukti mengapa membaca itu penting. Dengan membaca juga, manusia diharapkan mampu memahami tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah yang berwujud alam semesta ini. Gunung-gunung yang dijadikan-Nya pasak, sungai-sungai yang mengalir sebagai petunjuk jalan, dan segala fenomena alam yang menunjukkan betapa luas anugerah Allah.

Begitu juga gelombang tsunami yang mampu menyapu daratan, gempa bumi, angin putting beliung, serta bencana-bencana alam lain yang tak lain menjadi teguran bagi umat manusia bila mana kita mau membaca tanda-tanda kebesaran Allah.

Karena dengan membaca, secara tidak langsung Allah telah mengajarkan kita apa saja yang tidak kita ketahui. Tidak akan dijumpai orang sukses yang semasa hidupnya tidak pernah membaca. Allah menyuruh kita membaca apapun, dimanapun dan kapanpun, supaya iman dan taqwa kita bertambah setelah membaca betapa agungnya kekuasaan Allah.***tue, 7-9-10


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: