gonaku


RAHMAT YANG TURUN DARI LANGIT “AIR”
September 23, 2010, 4:09 am
Filed under: Uncategorized

IPTEK

Oleh: A. Syarif S.

“Dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih. Agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak.”

(QS. Al-Furqon: 48-49)

Betapa luas karunia Allah. Air yang berada di laut, danau, sungai dan udara merupakan nikmat yang hanya ditujukan untuk makhluk Allah, diantaranya tumbuhan, hewan dan manusia.

Begitu bear manfaat air bagi kehidupan. Dalam ilmu kimia, air merupakan molekul H2O yang tersusun atas atom hidrogen dan oksigen. Keduanya merupakan bagian dari zat penyusun udara yang juga mempunyai andil besar dalam kehidupan makhluk di bumi.

Sebelum air hujan turun, terlebih dahulu terjadi siklus hidrologi yang berlangsung melalui proses evaporasi (penguapan), kondensasi (pembentukan awan), dan hujan itu sendiri. Siklus yang melatar belakangi terjadinya hujan tersebut dipelajari secara rinci dalam cabang ilmu geografi.

Dibalik semua nikmat yang tercurahkan dari Allh SWT , manusia sebagai makhluk berakal diharuskan untuk mengambil pelajaran, sebagaimana firman Allah surat Al-Furqon ayat 50 yang berarti: ”Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu diantara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (dari padanya).”

Bagi makhluk hidup autotrof, yaitu tumbuhan yang mampu membuat maknan sendiri, air diperlukan dalam proses anabolisme yang berupa fotosintesis. Dalam reaksi gelap-terang tersebut, tumbuhan mengubah air dan karbondioksida menjadi glukosa dan oksigen dengan sinar matahari dan klorofil (zat hijau daun).

Hasilnya, glukosa diperlukan hewan dan manusia sebagai suplai energi. Sedangkan oksigen merupakan komponen utama yang berperan penting dalam respirasi sel (pernafasan).

Bagi makhluk hidup yang heterotrof, yaitu hewan dan manusia yang tidak mampu membuat makanan sendiri, air dipergunakan dalam beberapa bidang kehidupan. Misalnya untuk mencuci, minum, mandi dan lain-lain.

Untuk mencuci dan mandi, air yang jernih berguna untuk menghilangkan busa-busa sabun karena air mampu melarutkan zat-zat yang sifatnya terlarut. Diantara contohnya yaitu deterjen yang digunakan sebagai pembersih noda pakaian, teh dan kopi yang dilarutkan dalam minuman, cat yang difungsikan sebagai alat yang memperindah dekorasi, dan lain sebagainya.

Untuk minum, air bermanfaat dalam membantu kestabilan daya tahan tubuh. Telah diketahui bahwa tubuh manusia terdiri dari 70% air. Jadi, kekurangan air akan berdampak negatif pada kesehatan tubuh, seperti dahaga, sakit kepala, dehidrasi, sakit punggung dan berbagai macam penyakit yang lain.

Air sebagai komponen yang vital bagi kehidupan makhluk hidup. Ketersediaan air yang melimpah merupakan kehendak dan kebesaran Allah. Maka sebagai insan yang bertaqwa, hendaknya kita mau bersyukur. Jika saja Allah berehendak meniadakan air, maka tidak akan ada lagi kehidupan di bumi.***mon,6-9-10


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: